Rabu, 23 Desember 2015

4G Telkomsel Tembus 41 Mbps di Bintaro


Jakarta - Soal jaringan 4G LTE, fokus Telkomsel tak melulu di kota besar seperti Jakarta. Operator plat merah itu juga memastikan bahwa kota-kota satelit Jakarta juga kebagian jaringan internet super cepat itu.

Mereka tak asal bicara, karena dalam uji jaringan yang dilakukan, kecepatan 4G Telkomsel menembus 41 Mbps, tepatnya di Bintaro, Tangerang Selatan. Pengujian ini merupakan lanjutan dari uji jaringan yang sebelumnya dilakukan di Bekasi dan Depok.


"Kawasan Bintaro ini merupakan salah satu wilayah di pinggiran Jakarta yang memiliki konsumsi data yang tinggi. Maka dari itu, kami sebagai salah satu penyedia layanan 4G di Indonesia punya concern untuk memberikan layanan terbaik," ujar Moelky Furqan, General Manager ICT Operation Regional Jabodetabek Telkomsel kepada detikINET di 
Bintaro, Kamis (23/12/2015).

 Tak hanya konsumsi data yang tinggi, jumlah pelanggan yang sudah memiliki handset 4G pun jadi alasan tersendiri. "Kami melihat bahwa masyarakat di sekitar Bintaro rata-rata sudah menggunakan handset yang support 4G. Maka dari itu, Bintaro menjadi kawasan yang masuk dalam kategori P1 atau prioritas penyelenggaraan 4G," terang Moelky.

Ada dua jenis pengujian yang dilakukan, yakni indoor dan outdoor. Kecepatan tertinggi diraih saat pengujian outdoor dilakukan di perumahan Bintaro Cikini, yang kecepatannya mencapai 41,92 Mbps untuk download dan 22,95 Mbps untuk upload.

Untuk pengujian indoor, detikINET melakukan pengujian di Mall Bintaro Jaya Xchange yang terletak di sektor tujuh. Di mall tersebut diperoleh kecepatan download dan upload yang mumpuni. Hasil kecepatan download yang ditoreh dengan menggunakan aplikasi Ookla Speedtest sendiri mencapai 26,17 Mbps dan upload hingga 21,45 Mbps.


Pengujian pun dilanjutkan dengan bergerak ke arah pemukiman di sekitar Bintaro, tepatnya di Jalan Puter di sektor lima. Lagi-lagi, hasil kecepatan yang ditorehkan cukup mengagumkan, yakni 24,87 Mbps untuk donwload dan 21,740 Mbps untuk upload.


Namun, yang namanya jaringan nirkabel tentu tak selamanya kencang. Ada beberapa titik yang mengalami penurunan speed, seperti di Bintaro Riverpark, dimana kecepatan download yang ditorehkan mencapai 15,20 Mbps dan upload 10,26 Mbps.


"Ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Yang pertama tergantung jauh dekatnya dengan Base Transceiver Station (BTS). Begitu pula dengan jumlah pelanggan yang berada di daerah tersebut," papar Moelky.


4G LTE Telkomsel memang sudah menyambangi Tangerang Selatan dan kota-kota satelit lainnya sejak mereka pertama mereka mengkomersialkan layanan tersebut di frekuensi 900 MHz, di mana mereka mengalokasikan spektrum sebesar 5 MHz. 


Namun Telkomsel baru menyeriusinya setelah refarming di frekuensi 1.800 MHz rampung digelar, di mana spektrum yang digunakan jauh lebih besar, yaitu 10 MHz dibanding cuma 5 MHz di 900 Mhz.


Source : inetdetik

0 komentar:

Posting Komentar